Thursday 3 March 2016

Gadget

Gadget adalah sebuah alat komunikasi yang sudah menjadi kebutuhan yang kudu ada di dalam genggaman, sudah pasti apalagi kalo udah di jaman era global seperti sekarang ini gak punya gadget rasanya bikin mati gaya bener gak sih.

Sejarah
Asal-usul kata "gadget" jejak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford English Dictionary , ada anekdot (belum tentu benar) bukti penggunaan "gadget" sebagai nama pengganti untuk item teknis yang namanya tepat satu tidak ingat sejak tahun 1850-an; dengan Robert Brown 1886 buku Spunyarn dan Spindrift, log Seorang pelaut anak laki-laki dari perjalanan keluar dan rumah di teh cina clipper mengandung penggunaan awal dikenal di cetak. Etimologi dari kata tersebut diperdebatkan.
Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa gadget kata "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi skala kecil monumen dan menamakannya setelah perusahaan mereka. Namun ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I. Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah diterapkan untuk berbagai potongan mekanisme menembak, atau Perancis gagée , sebuah alat kecil atau aksesori.
Saat Oktober 1918 isu Notes dan Pertanyaan berisi entri multi artikel tentang kata "gadget" (12 S. Iv. 187). H. Tapley Soper dari The City Library, Exeter, menulis:
Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi Devonshire tahun 1916 ketika ia menyarankan bahwa kata ini harus dicatat dalam daftar provincialisms lisan lokal. Beberapa anggota berbeda pendapat dari inklusi di tanah bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh negeri; dan seorang perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa ia telah bertahun-tahun menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau melaksanakan, nama yang tepat dari yang tidak diketahui atau memiliki untuk saat ini sudah dilupakan. Saya juga sering mendengar hal itu diterapkan oleh teman-teman sepeda motor dengan pengumpulan perlengkapan untuk dilihat pada sepeda motor. Menangani barnya yang disiram gadget' mengacu pada hal-hal seperti spedometer, cermin, tuas, lencana, maskot, & c., Melekat pada pegangan kemudi. The 'jigger' atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering disebut 'gadget'; dan nama telah diterapkan oleh platelayers lokal ke 'mengukur' digunakan untuk menguji ketepatan pekerjaan mereka. Bahkan, meminjam dari masa kini Army gaul, 'gadget' diterapkan untuk 'hal lama.
Penggunaan istilah di militer bahasa melampaui angkatan laut. Dalam buku "Di atas Pertempuran" oleh Vivian Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar seorang pilot di British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut: "kami perasaan bosan itu kadang-kadang lega dengan gadgets "gadget" baru adalah gaul Flying Corps untuk penemuan! Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa.
Dengan paruh kedua abad kedua puluh, istilah "gadget" telah diambil pada konotasi dari kekompakan dan mobilitas. Dalam 1965 esai "The Great Gizmo" (istilah yang digunakan bergantian dengan "gadget" seluruh esai), arsitektur dan desain kritikus Reyner Banham mendefinisikan item sebagai:
Sebuah kelas karakteristik produk AS - mungkin yang paling karakteristik - adalah unit mandiri kecil kinerja tinggi dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah beberapa set terdiferensiasi keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia. Minimum keterampilan yang diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan independen dari infrastruktur fisik atau sosial di luar itu oleh yang dapat dipesan dari katalog dan disampaikan kepada calon penggunanya.Sebuah kelas pelayan untuk kebutuhan manusia, perangkat klip ini, gadget portabel, telah berwarna pemikiran dan tindakan Amerika jauh lebih mendalam saya menduga. Daripada yang umumnya dipahami.


Kegunaan lain
Pertama bom atom berjuluk gadget oleh para ilmuwan dari Proyek Manhattan , diuji di situs Trinity .


Gadget Aplikasi
Dalam industri perangkat lunak, "Gadget" mengacu pada program komputer yang menyediakan layanan tanpa perlu aplikasi independen yang akan diluncurkan untuk masing-masing, melainkan berjalan di lingkungan yang mengelola beberapa gadget. Ada beberapa implementasi berdasarkan teknik yang sudah ada pengembangan perangkat lunak, seperti javascript , masukan bentuk, dan berbagai format gambar.
Awal, Didokumentasikan penggunaan istilah gadget di konteks rekayasa perangkat lunak adalah pada tahun 1985 oleh para pengembang amigaos , yang sistem operasi dari Amiga komputer ( intuition.library dan juga kemudian gad tools.library ). Ini menunjukkan apa tradisi teknologi lainnya memanggil GUI widget elemen kontrol -a diantarmuka pengguna grafis . Ini konvensipenamaan tetap melanjutkan penggunaan (per 2008) sejak saat itu.
X11 jendela sistem 'intrinsik' juga mendefinisikan gadget dan hubungan mereka dengan widget (tombol, label dll). Gadget adalah widget jendela yang seharusnya untuk meningkatkan kinerja aplikasi dengan mengurangi beban memori pada server X. Sebuah gadget akan menggunakan id Jendela widget induknya dan tidak memiliki anak sendiri
Hal ini tidak diketahui apakah perusahaan perangkat lunak lain secara eksplisit menggambar pada inspirasi bahwa ketika menampilkan kata dalam nama teknologi mereka atau hanya mengacu pada makna generik. Kata widget lebih tua dalam konteks ini. Dalam film " Kembali keSekolah " dari tahun 1986 oleh Alan Metter, ada adegan di mana seorang profesor ekonomi Dr. Barbay, ingin memulai untuk tujuan pendidikan sebuah perusahaan fiktif yang menghasilkan "widget. Ini produk fiksi"
Informasi lebih lanjut: Workbench (amigaos)


Tetapi menurut saya
Gadget yang udah wajib biasanya sih handphone masih ringan untuk di bawa karena komunikasi bagi orang mobile seperti saya cie.. Yah apalagi seorang blogger gak ada gadget yah bisa kikuk deh seperti yang saya katakan di atas "mati gaya" seperti yang saya alami kala ada undangan acara blogger belum lama ini, gadget yang saya punya hanya handphone itu juga jadul alias keluaran lama, dan yang bikin mati gayanya adalah ada lomba live twit nah otomatiskan HP saya gak bisa di pake karena gak bisa akses internet, maklumlah blogger fakir gadget.

Mati gaya mau tak mau menjadi penonton yang setia masih untung ada kamera pinjeman pendukung menjadi blogger kudu ada kamera loh, kalo gak ada gadget yang udah ada kameranya enak nih, gak ribet bawa dua gini. Wah bisa-bisa keilangan momen tanpa gambar/foto mah, jangan ngarepin minta gambar ama temen karena belum tentu dia mau share yah kalo temennya baik sih gak apa-apa yah.

Oh iya ada kisah nih tentang gadget ada teman yang belum tau defini gadget itu sendiri "kamu tau gadget gak?" saya juga gak tau makanya tanya hehe. Oke sobat sukasuka coba kita simak arti gadget dari wikipedia sendiri.

Apa saja yang di sebut Gadget?
Yang termasuk gadget: ponsel, music player (semacam ipod, mp4, mp5, dst), kamera 


Digital/kamera mini, music box, PSP (dan sejenis game konsol lain), disc man (pemutar 


DVD portable), netbook, translator canggih, jam tangan mewah tapi canggih, dsb...


Jadi gadget secara garis besar dpt kita artikan sbg suatu perangkat elektronik (jenisnya 


Macam-macam, sesuai dengan fungsinya) yg berukuran mini, serta mengedepankan 


Fungsinya sebagai perangkat berteknologi mutakhir...


Itu arti gadget secara umumnya di saat googling ke embah juga saya belum menemukan arti yang mudah di mengerti dari arti gadget yang sebenernya berikut arti gadget menurut wikipedia : A gadget is a small tool such as a machine that has a particular function, but is often thought of as a novelty. Gadgets are invariably, considered to be more unusually or cleverly designed than normal tools at the time of their invention. Gadgets are sometimes referred to as gizmos. Yang artinya alat elektronik yang berbentuk kecil, canggih selalu di anggap baru, gadget adalah sebuah penemuan yang cerdik gadget bisa di sebut juga gizmos.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Labels

Blogger templates